Minggu, 10 April 2011

Tablet Pembaca Buku : Kindle Amazon dan Apple Ipad

Perkembangan teknologi Internet memakan korban media cetak yang berusia ratusan tahun di Amerika Serikat. Layanan Internet yang semakin murah dan mudah membuat pembaca beralih. Pembaca bisa mengakses berita di mana pun, tanpa harus membayar.

Perusahaan pengembang teknologi melihat situasi ini sebagai peluang. Mereka menghadirkan peranti pembaca atau tablet dengan basis pelanggan berbayar. Perusahaan media cetak bisa selamat karena mendapat pemasukan dari biaya langganan.

Kindle
Kindle yang dikeluarkan Amazon pada 2007 adalah peranti pembaca media pertama. Kindle menguasai pasar alat pembaca dengan penjualan sekitar 1,5 juta pada kuartal akhir 2009. Kindle terus mengembangkan produk dan muncul dengan versi terbaru, Kindle DX International. Versi ini didistribusikan pertengahan Januari lalu ke sekitar 100 negara. Ukuran Kindle setara dengan buku biasa. Tebalnya 0,9 sentimeter dan berat sekitar 18,9 ons. Kindle memiliki kapasitas 4 gigabyte, menyimpan sekitar 3.500 buku elektronik dengan berbagai format. Tersedia layanan 3G, dengan harga sekitar
Rp 1,8 juta.

iPad vs Kindle, Mana yang Lebih Oke?

Produsen elektronik dan komputer terkemuka, Apple Inc., akhir pekan ini menjual secara massal produk teranyar mereka, iPad. Penjualan perdana baru digelar di gerai-gerai Apple di Amerika Serikat, Sabtu 3 April 2010. iPad merupakan terobosan Apple Inc dalam memadukan teknologi ponsel pintar (smart phone) dengan komputer jinjing (laptop). “Ini ibarat iPhone yang sudah disuntik steroid: Ponsel pintar yang lebih besar namun lebih ringkas ketimbang laptop,” kata seorang pemerhati di stasiun televisi CNN.

Seiring dengan mulai dijual bebasnya iPad, kalangan pengamat kini bertanya-tanya apakah produk Apple ini bakal mematikan perangkat yang sudah muncul beberapa tahun lalu, Kindle. Pasalnya, iPad memiliki kemampuan yang selama ini menjadi andalan Kindle, yaitu sebagai buku elektronik (eBook). Namun, produk keluaran Amazon ini tidak punya sejumlah kemampuan lain yang ada pada iPad, yaitu mengetik, berselancar internet, dan menonton film seperti layaknya komputer zaman sekarang. iPad pun menyuguhkan tampilan berwarna-warni, sedangkan Kindle tidak. Harga ipad sekarang sekitar 6-7 juta, sedangkan ipad-2 sekitar 9-10 juta.

Halaman TopTech Reviews mengungkapkan bahwa Amazon kini berencana bahwa aplikasi pada Kindle bisa juga diakses di iPad dan juga pada perangkat-perangkat lain seperti iPhone, komputer PC, laptop, BlackBerry, dan Macs. Sebaliknya, aplikasi iBooks (program untuk mengakses eBook) pada Apple untuk sementara ini hanya bisa digunakan di iPad. Bahkan program iBooks pun tidak bisa ditransfer ke produk yang juga buatan Apple, yaitu iPod Touch, iPhone atau Mac.

Kendati unggul di segi fitur dan teknologi, iPod masih memiliki sejumlah keterbatasan sehingga belum bisa menandingi Kindle di beberapa sisi. Program iBooks sementara ini baru memuat 60.000 judul buku, sedangkan Amazon sudah menjejali Kindle dengan 450.000 judul. Diharapkan pemrogram iPad terus mengoleksi buku-buku sebanyak Kindle.

Selain itu untuk daya tahan batere, misalnya, iPad hanya bisa tahan paling lama 10 jam. Namun, batere pada Kindle bisa tahan hingga satu minggu.

1 komentar:

Silahkan tinggalkan pesan